October 11, 2021

Ketika Kreativitas Bertemu Logika: Melakukan Penelitian Untuk Pemasaran Konten

Bagaimana Konten Blog Menbantu Bisnis Anda Berkembang Bagaimana Konten Blog Menbantu Bisnis Anda Berkembang

Penelitian mencegah Anda jatuh ketika Anda terus-menerus duduk di tepi kursi Anda!

Oke, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa diperlukan riset dalam membuat content marketing yang kreatif, terutama konten yang akan Anda publikasikan di website Anda. Meskipun menurut Anda pemasaran konten kreatif adalah tentang format yang menyenangkan, validitas data Anda dipertanyakan. Research sendiri kental akan sesuatu yang cendekiawan atau akademis, yang sama sekali tidak berhubungan dengan creative content marketing. Anda mungkin bisa melakukannya dengan benar. NAMUN, penelitian sangat penting untuk membuat konten yang akan disajikan kepada publik!

Pikirkan tentang itu! Penelitian menjauhkan Anda dari banyak bahaya seperti plagiarisme atau pengulangan topik tertentu. Itu selalu lebih baik untuk mengetahui di mana Anda berdiri sebelum Anda mengambil langkah lain. Dengan kata lain, penelitian memberi Anda gambaran umum tentang topik yang ingin Anda diskusikan lebih lanjut. Penelitian juga membantu Anda untuk tidak mengulangi ide-ide yang telah dikemukakan orang lain sebelumnya. Sudah diketahui umum bagi mereka yang memelihara konten blog bahwa mereka tidak akan mendapatkan lalu lintas yang signifikan ketika ide-ide mereka hanya mengulangi apa yang sudah ada di internet.

Manfaat lain dari melakukan riset untuk pemasaran konten kreatif adalah, tentu saja, memberi diri Anda lebih banyak data untuk diproses. Data yang Anda peroleh dari melakukan riset juga menjadi landasan Anda ketika seseorang menanyakan validitas pemasaran konten Anda.

Tetapi bagaimana melakukan penelitian yang tepat sebelum membuat pemasaran konten kreatif? Inilah caranya!


Kata kunci dasar

Ketika Anda memiliki sesuatu yang muncul di benak Anda, tentang pemasaran konten yang akan Anda hasilkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari di internet dengan kata kunci dasar yang terkait. Misalnya, jika Anda akan membuat konten tentang kebugaran, maka Anda dapat secara otomatis memikirkan beberapa kata kunci. Kata kunci tersebut biasanya yang digunakan orang dalam mencarinya di internet. Setelah Anda memiliki daftar kata kunci yang panjang, kini Anda dapat mulai melakukan riset kata kunci yang terfokus untuk menemukan kata kunci yang paling cocok digunakan untuk pemasaran konten Anda.


Konten 'serupa' lainnya

Dengan kata kunci di tangan Anda, Anda dapat menggunakannya untuk menemukan beberapa konten 'mirip' di internet. Beberapa situs web akan muncul di peringkat teratas, dan Anda harus membaca apa yang ada di dalamnya sebelum memutuskan sudut mana yang ingin Anda soroti. Konten-konten yang ada di internet bisa menjadi tangga Anda untuk membuat konten pemasaran tanpa membahas ide yang sama lagi! Selain itu, dengan mengakui konten yang ada, Anda akan mengetahui batasan Anda demi mencegah plagiarisme.


Tren saat ini

Salah satu aspek eksternal yang perlu diwaspadai adalah trend yang sedang berkembang di masyarakat. Orang-orang cenderung lebih tertarik dengan sesuatu yang populer akhir-akhir ini, seperti meme, video animasi, atau video DIY yang sering muncul di jelajah Instagram mereka. Dari tren tersebut, Anda harus (jika mungkin) mengadaptasinya ke dalam pemasaran konten Anda. Meskipun persaingannya tinggi, mengikuti tren yang sedang berlangsung tetap menjadi salah satu cara terbaik untuk menjangkau banyak orang dengan pendekatan pemasaran Anda.


Kebutuhan pelanggan Anda

Pelanggan Anda, terutama pelanggan setia Anda adalah pelanggan terpenting dari semuanya. Anda harus mempertahankan loyalitas mereka dengan produk Anda, bagaimanapun caranya! Maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui dan memahami apa yang sebenarnya mereka inginkan. Hal ini tidak sulit untuk melakukannya. Yang perlu Anda lakukan adalah membaca komentar mereka di postingan media sosial produk Anda (jika ada). Atau Anda bisa meledakkan kuesioner dengan harapan mendapatkan masukan yang lengkap dan wawasan yang mendalam yang dapat berfungsi sebagai pedoman Anda dalam membuat pemasaran konten Anda selanjutnya.


Mengubah data menjadi pemasaran konten Anda

Untuk mempertahankan aspek kreativitas pemasaran konten Anda, jangan biarkan data Anda ditampilkan telanjang dalam pemasaran konten Anda! Anda harus bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang menarik, bukan sesuatu yang membosankan seperti penelitian akademis. Ya, kita berbicara tentang format presentasi. Saat itulah Anda mampu menyampaikan kejelasan data sekaligus membuat konten Anda terlihat menarik. Baik itu dalam bentuk chart, infografis, video pendek, atau apapun yang Anda suka.

Penelitian mungkin masih terdengar seperti tugas yang rumit untuk dilakukan, tetapi ini akan membantu Anda membuat pemasaran konten Anda lebih baik.

Apakah anda menikmati artikel ini? Silahkan bagikan.

Apakah anda menikmati artikel ini?
Silahkan bagikan.

Lanjutkan

Beberapa entri blog lain yang mungkin anda diminati

1
Swipe
View