October 11, 2021

Desain Grafis Yang Baik Menjual Produk Anda, Atau Apakah Itu?

Bagaimana Konten Blog Menbantu Bisnis Anda Berkembang Bagaimana Konten Blog Menbantu Bisnis Anda Berkembang

Mari kita mulai dengan pertanyaan sederhana: apakah menurut Anda desain grafis yang baik dapat berkomunikasi dengan pelanggan Anda untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar?

Sekarang, ketika kata-kata berikut ini muncul, produk apa yang muncul pertama kali di benak Anda: minuman ringan, mesin pencari, ponsel. Luangkan waktu satu detik untuk berpikir dan jangan berubah pikiran!

Jika Anda Coke, Google, dan iPhone muncul di benak Anda setelah membaca kata-kata berikut, maka Anda termasuk mayoritas orang yang telah menggunakan produk tersebut. Produk-produk besar itu sudah melekat di benak kita, karena berbagai alasan. Salah satunya karena mereka memiliki desain grafis yang khas untuk mempromosikan merek mereka.

Anda mungkin berpikir bahwa waktu juga membantu mereka tumbuh menjadi raksasa seperti sekarang. Betapapun kecilnya Anda mungkin berpikir, desain grafis merek mereka memainkan peran penting dalam perjalanan panjang mereka untuk menjadi seperti sekarang ini.

Jadi seberapa kuat desain grafis untuk sebuah merek, dan dapatkah mereka benar-benar membantu Anda menjual produk Anda? Berikut adalah jawabannya:


Mengubah persepsi orang

Desain grafis dalam bentuk kemasan, logo, spanduk iklan dapat mengubah persepsi orang terhadap produk Anda. Nada, warna, suasana desain yang Anda gunakan berdampak signifikan pada cara mereka melihat produk Anda. Hanya butuh satu pandangan bagi mereka untuk menilai apakah produk Anda layak dibeli atau tidak! Itulah mengapa grafik yang Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda harus mewakili produk Anda dengan sempurna.

Sebelum berpikir tentang desain grafis, sebaiknya pikirkan tentang identitas produk Anda, nilai apa yang Anda ingin orang dapatkan ketika mereka mengkonsumsi produk Anda. Berawal dari situ, kini Anda bisa mulai melangkah untuk mendesain wajah brand Anda. Gunakan apa yang sudah ada di pikiran Anda! Stigma warna, emosi model dalam gambar, bahasa yang digunakan dalam slogan. Buat semuanya setebal mungkin, sehingga orang akan memahami produk Anda hanya dalam satu pandangan!


Dapatkan kepercayaan pelanggan

Pelanggan menghakimi dan pilih-pilih! Mereka cenderung menggunakan produk dengan desain yang 'dapat dipercaya'. Jika terlalu norak, orang akan menggeser ke kiri. Jika suram, orang akan mengabaikannya. Desain grafis adalah tentang selera. Anda perlu 'bermain' dengan pikiran orang untuk membuat mereka berhenti di depan produk Anda saat mereka menelusuri rak-rak di pusat perbelanjaan. Anda perlu meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda meskipun mereka tidak terlalu membutuhkannya. Setelah Anda mendapatkan kepercayaan mereka, mereka tidak akan pernah berpaling ke pesaing Anda!


Jadikan produk Anda mudah diingat

Bayangkan produk Anda diakui dengan cara yang sama seperti Coke, Google, atau iPhone. Orang sudah akan mengenali produk Anda meskipun mereka hanya melihat logo kecil dari jarak ratusan meter. Orang akan berhubungan dengan produk Anda ketika mereka melihat warna tertentu. Lebih mengesankan lagi, orang akan menggunakan merek Anda sebagai metonimi ketika mereka ingin merujuk pada hal tertentu. Ini mungkin tembakan panjang tetapi dimungkinkan dengan branding yang konsisten dan desain grafis abadi di setiap bagian produk Anda. Desain grafis Anda harus membedakan produk Anda dari yang lain, membuatnya menonjol di depan umum, dan pastikan itu memberi produk Anda identitas yang kuat sehingga orang akan mengingat produk Anda tanpa gangguan!

Setiap pemilik bisnis mungkin memiliki strategi branding yang berbeda. Anda mungkin memiliki banyak pilihan dalam membuat produk Anda dikenal publik. TAPI mewakili merek Anda dengan desain grafis yang bagus bukanlah pilihan! Sebaliknya, ini adalah investasi untuk membuat produk Anda dikenal abadi.

Apakah anda menikmati artikel ini? Silahkan bagikan.

Apakah anda menikmati artikel ini?
Silahkan bagikan.

Lanjutkan

Beberapa entri blog lain yang mungkin anda diminati

1
Swipe
View